Modifikasi Motor Honda GL100 1983, Sang Juara


Modifikasi Honda GL100 - Ini dia Modifikasi Honda GL100 Cafe racer, pemenang KustomFest 2013 awal Oktober silam. Tidak tanggung-tanggung, tiga kelas diraih sekaligus ! Best Custom Bike Show, Best Custom Honda, dan yang dahsyat Main Class Free For All. Luar biasa...

Dengan mengusung style Cafe Racer, tidak berbeda dengan motor modif yang berpartisipasi di ajang tahunan tersebut. Tapi yang membuat tercengang adalah mesin. Pada umumnya modifikator enggan mengutak-atik mesin hanya sebatas bore up atau paling mentok stroke up. Tapi berbeda pada Modifikasi Honda GL100 ala Cafe racer ini.

Modifikasi Honda GL100 Cafe Racer

Kemampuannya menyingkirkan motor modif dari rumah custom tenar ataupun motor dengan cc besar. Sampai dewan juri dari luar negeri, Roland Sands tercengang. Memang W engine ini adalah kunci utama, karena M. Yusuf Adib Mustofa memang spesialis di bidang ini. Bagaimana detailnya ?

Semi Radial Engine
Ubahan paling ekstrim pada Modifikasi Honda GL100 Cafe Racer ini adalah mesin W dengan 3 silinder menggunakan material dari Yamaha Mio. Mulai blok silinder hingga silinder blok, lengkap berikut mekanisme rocker arm dan kem. “Sengaja memakai komponen yang mudah dicari sparepartnya, ganti komponen enggak perlu sulit. Apalagi saya turing lintas pulau,” ungkap Yusuf.

Modifikasi Honda GL100 Cafe Racer
Modifikasi Honda GL100 Cafe Racer

Tiap blok silinder bersudut 55 derajat. “Dengan sudut 55 derajat, getaran minim dan halus. Malah disebut mesin semi radial. Kalau radial murni, ada 5 silinder. Seperti mesin pesawat terbang jaman dulu,” jelas tandas  sembari bilang total kapasitas mesin jadi 600 cc. Blok head 63,5 mm milik GL200 begitu pula klepnya. Kruk as dan setang piston Yamaha Jupiter MX135LC dengan memperbesar pin atas 13 mm agar bisa dijejali piston Tiger.

Gear ratio mempergunakan Honda Mega Pro, untuk primer – sekunder Honda Tiger. “Khusus untuk kampas kopling saya mengganti dengan 7 keping, biasanya sih 5 keping agar lebhi kuat” tambahnya. Saluran gas buang versi custom.

Bodywork
Secara keseluruhan bodi pada Modifikasi Honda GL ini berkelir merah – putih. “Ini merupakan semangat nasionalisme” papar Yusuf. Tangki bahan bakar selingkuh ke merek Suzuki Twin yang dicustom sedikit. Keseluruhan bodi mempergunakan plat galvanis. Difinishing dengan tinta rapido. Mengusung tema platofrm ketiga dari Batara Kresna. Unsur budaya Jawa begitu kental.

Modifikasi Honda GL100 Cafe Racer

Kaki-kaki
Pada Modifikasi Honda GL100 ini Sok depan memakai CBR1000 generasi lama, sedangkan sok belakang Suzuki Thunder 250 dicustom. Untuk lengan ayun memakai Triumph Bonnenvile.Gear set perbandingan 16 – 34 dari TK. Pelek depan TK 250 dibekap karet bundar IndoTire 120/70 – 17  sedangkan pelek belakang handmade ukuran 400 mampu menelan Dunlop SportMax 190/50 – 17. Cakram depan memakai label PSM untuk Tiger 2000. Gimana otolovers ... kerenkan... http://www.situsmotorbaru.com/